Kamis, 22 Juli 2010

Suhu dan Pemuaian - BELAJAR FISIKA

Suhu dan Pemuaian - BELAJAR FISIKA: "20th Januari 2009
Suhu dan Pemuaian
posted in SMP |

Suhu dapat diartikan sebagai besaran yang menunjukkan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Untuk mengukur suhu digunakan thermometer.

Ada 4 (empat) jenis thermometer yang sering digunakan dan semuanya diakui secara Internasional. Maksudnya adalah bahwa thermometer-termometer tersebut diakui kebenarannya oleh para ilmuwan didunia. internasiona. Keempat thermometer itu adalah thermometer celcius, thermometer reamur, thermometer Fahrenheit dan thermometer Kelvin. Nama-nama thermometer ini diambil dari nama ilmuwan yang merancangnya. Keempat thermometer tersebut memang diakui secara internasional namun yang dijadikan standar internasional hanya satu yaitu thermometer Kelvin.

Apa yang membedakan keempat thermometer itu?

Paling tidak ada 2 perbedaan yang paling mendasar dari keempa thermometer tersebut.

1. Mtode menentukan titik tetap bawah dan titik tetap atas.

Metode yang digunakan oleh Celsius, Fahrenheit dan Reamur sama dalam menentukan titik tetap bawah maupun titik tetap atas. Metode yang digunakan yaitu dengan menentukan titik tetap bawah berdasarkan titik lebur es murni pada tekanan 1 atmosfer sedangkan titik tetap atasnya berdasarkan titik didih air murni pada tekanan 1 atmosfer.

Titik tetap bawah thermometer Kelvin berdasarka energi kinetic yang dimiliki benda. Benda dikatakan beku jika tidak ada getaran dari partik"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar